Monday 21 April 2014

Perintah - Perintah Command Prompt (CMD)

  1. Ipconfig
    Perintah ini digunakan untuk mengetahui/ mengecek ip address komputer. Caranya dengan mengetikkan : ipconfig pada command prompt, untuk mendapatkan informasi yang lebih detail seperti mengetahui DNS dan MAC Address maka tinggal ditambahkan dengan opsi /all sehingga penulisannya menjadi ipconfig/ all.
  2. Getmac
    Perintah ini merupakan salah satu cara untuk menampilkan/ mengetahui MAC Address pada komputer selain perintah ipconfig/ all tentunya. Caranya ketikkan saja getmac pada command prompt.
  3. Route
    Perintah ini berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai local route dalam jaringan. Caranya yaitu ketik route print pada command prompt.
  4. Ping
    Ping (Packet Internet Gopher) digunakan untuk mengetahui apakah suatu komputer dalam sebuah jaringan sedang aktif atau tidak, ping juga biasanya digunakan untuk pengecekan koneksi sehingga dapat diketahui apakah ada masalah pada jaringan atau tidak. Caranya yaitu dengan mengetikkan perintah ping [ip address] contoh : ping 192.168.0.1 atau ping [alamat situs], contoh : ping www.google.com.
  5. Tracert
    Perintah tracert digunakan untuk menampilkan jalur data yang berjalan menuju server tujuan. Pada mulanya fungsi tracert ialah untuk mengetahui apakah ada masalah dalam jaringan atau sepanjang internet. Cara pengetikkannya ialah : tracert [nama situs], contoh : tracert www.google.com.
  6. Telnet
    Telnet merupakan sebuah terminal yang memiliki kemampuan untuk mengakses remote computer termasuk menjalankan beberapa service yang ada padanya, dengan perintah telnet maka akan memungkinkan koneksi antara komputer satu dengan komputer lainnya melalui port tertentu. Caranya yaitu : telnet www.nama-situs.com.
  7. Ftp
    Ftp (File Transfer Protocol) merupakan perintah yang memungkinkan seseorang bisa melakukan upload maupun download file yang ada pada sebuah server. Caranya yaitu dengan mengetikkan : ftp www.nama-situs.com.
  8. Net
    Perintah ini digunakan untuk mengetahui account user yang terdapat pada komputer windows xp. Misalnya jika ingin mengetahui nama user apa saja yang aktif dalam sebuah komputer ketikkan saja perintah : net user. Untuk mengetahui status lebih detail sebuah account, ketik : net user nama-user, contoh : net user andre.
  9. Netstat
    Perintah Netstat digunakan untuk mengetahui koneksi apa saja yang keluar masuk dalam sebuah jaringan. Netstat mengambil infomasi networking ini dengan cara membaca tabel routing dari kernel yang terdapat dalam memori. Ada beberapa opsi dari netstat yang sering digunakan. Opsi -a digunakan untuk menampilkan seluruh port dan koneksi yang terbuka pada sistem lokal. Caranya ketik : netstat -a. Opsi -n digunakan untuk menampilkan ip address saja sebagai ganti dari nama domain dan dapat dikatakan sebagai bentuk numerik dari opsi -a. Caranya ketik : netstat -n.
  10. Gpresult
    Perintah ini digunakan untuk menampilkan informasi sebuah komputer yang sangat detail. Ketik : gpresult.

No comments:

Post a Comment